Anda Berada dihalaman desain
Ruang Keluarga
Meja Kerja
Lemari Kombinasi
Kantor
Dapur
Kamar Utama
Kamar Anak

Perancangan Interior

TERJEMAHKAN

ISTILAH DALAM PERANCANGAN

Istilah pertukangan dalam kehidupan sehari-hari
Dunia kerja khususnya kerja lapangan "bukan dilapangan luas" tetapi sering berganti-ganti tempat merupakan pekerjaan yang dilakukan  oleh  beberapa profesi kerja. Pekerjaan ini bisa dilakukan perorangan maupun kerja tim (team). untuk kerja  tim inilah perlu sinkronisasi / perpaduan kata perintah kerja yang disebut istilah, sehingga tidak mengalami salah perintah. Mau tau bagai mana tukang membuat atau berkomunikasi dengan Istilah mereka ???
beberapa istilah ini biasanya dikenalkan oleh beberapa produser penjualan  bahan-bahan interior maupun yang biasa digunakan dalam obrolan sehari-hari.


PINTU NABOK
Adalah pintu yang pada dunia interior merupakan pintu yang terlihat seutuhnya (tampak luar) sedangkan tiang atau  kontruksi mebelnya tidak terlihat.

EDGING
Adalah bahan yang digunakan untuk penutup ketebalan kayu/kontruksi yang berpasangan dengan bahan HPL terbuat dari karet maupun alumunium. Padahal pengertian Edging = Lis tapi dalam dunia kerja Edging hanya  digunakan sebagai istilah atau penyebutan lis khusus pasangan HPL.
Edging sendiri memiliki beberapa ukuran standar 2cm, 3cm dan 5cm sedangkan untuk edging Aluminium ukurannya 15mm, 18mm, 20mm.

LIS
Digunakan untuk penutup tepi atau ketebalan yang terbuat dari kayu atau sebagai pengikat kaca pada frame atau jendela kaca. Biasanya diterapkan pada mebel klasik. Lis ini bisa dibeli langsung di toko kayu atau dapat dibuat dengan menggunakan mesin profil dengan mata profil sesuai dengan bentuk lis yang ingin dibuat.

TOPI
Adalah lis bagian atas lemari yang biasanya memiliki ketebalan antara 3 s/d 10cm dan menonjol kedepan melebihi kontruksi mebelnya. Fungsi topi sendiri selain sebagai penghias juga dapat sebagai tempat lampu down light.

PARTIKELBOAD
Penyebutan untuk lembaran kayu pabrik yang berbahan dasar bubuk gergaji (bubuk gergaji yang di pres).

BLOCKTEAK
Penyebutan untuk kayu lapis dengan urat jati, biasanya berukuran 12mm, 15mm dan 18mm. Tapi istilah ini juga digunakan untuk menyebutkan triplek urat jati yang berukuran sekitar 3mm atau 4mm.

BLOCKBOAD
Penyebutan untuk kayu lapis, lapisan ini terdiri dari lembaran triplek - potongan kayu - triplek, atau bisa disebut potongan kayu dilapisin triplek (kayu lapis). Biasanya berukuran 12mm, 15mm dan 18mm.
Penyebutan kayu lapis yang telah difinnising pada salah satu atau kedua permukaannya, yang paling umum berwarna putih mengkilat (melamin) atau dop. biasanya berukuran 12mm, 15mm dan 18mm

MELAMINTO
Penyebuatan untuk triplek dengan lapisan finnising pada salah satu permukaannya Atau pada kedua permukaannya dan biasanya berukuran 3mm atau 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 15mm dan 18mm.

TRAPLEK
Pengikat yang digunakan untuk mebel bongkar pasang (Knockdown), yang biasa digunakan pada mebel bahan blockboad dan lainnya.

BAUTLIKNA/BAUT KNOWKDOWN
Baut yang digunakan oleh pabrikan untuk kontruksi bongkar pasang. ada model palu, model lobang dan lainnya.


--------
Demikian dan masih buanyak lagi istilah yang kemudian kita akan  bahas lagi di lain kesempatan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar