Anda Berada dihalaman desain
Ruang Keluarga
Meja Kerja
Lemari Kombinasi
Kantor
Dapur
Kamar Utama
Kamar Anak

Perancangan Interior

Memuat...

TERJEMAHKAN

HOTEL

TINJAUAN TEORI | HOTEL
Fungsi kamar hotel yang paling utama adalah sebagai tempat istirahat dan tentunya harus menghadirkan nuansa tenang sejuk dan santai. Kesan ini dapat di tunjang dengan desain interior. Pemilihan warna cat juga penting, sebisa mungkin pilihlah warna-warna cerah yang menyejukkan. Sehingga memberikan kesan sejuk bagi penghuninya atau bisa juga dengan warna-warna yang soft (lembut).

  1. Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum. (SK. Menhub. RI. No. PM 10/PW.391 /Phb-77).
  2. Hotel adalah sejenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial. (SK> Menparpostel No. KM 37 / PW 340 / MPPT-86).
Ciri Hotel secara garis besar sebagai berikut :
  • Produknya bernuansa kebersihan, kamar yang nyaman, makanan/minuman yang enak.
  • Hampir semua hotel adalah padat karya.
  • Memiliki bangunan dan tanah yang memerlukan pemeliharaan fisik secara terus menerus dan berkesnambungan.
  • Faktor courtesy dan pelayanan memegang peran yang sangat penting.
  • Bertanggung jawab terhadap tamu, baik yang menginap maupun yang hanya menikmati fasilitas hotel.

Hotel dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Front of the House Merupakan bagian yang secara langsung berhubungan dengan tamu, yang meliputi :
    • Front Office Dept. Menangani proses penjualan kamar, penyambutan tamu, registrasi tamu yang akan menginap, memberikan kunci kamar dan menangani system pembayarannya. Berfungsi juga sebagai pusat informasi tamu.
    • Housekeeping Dept. Menangani penyiapan kamar dan lingkungannya, sesuai standar hotel tersebut, sehingga tamu merasa nyaman dan kerasan.
    • Food & Beverage Dept. Menangani pelayanan yang berkaitan dengan penyediaan dan penjualan makanan dan minuman termasuk peralatannya serta acara-acara yang terkait.
    • Accounting Dept. Bagian ini ada yang langsung berhubungan dengan tamu, ada juga yang tidak. Pelayanan yang terkait dengan keuangan menjadi tugas dari department ini.
    2. Back of the House Bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, meliputi:
    • Human Resources Dept. Menangani sumber daya manusia, mulai dari proses penyediaan, penempatan, pengembangan, hingga proses pemberhentiannya atau pensiun.
    • Store Dept. Menangani pergudangan untuk keperluan hotel.
    • Purchasing Dept. Menangani mesalah pengadaan barang kebutuhan hotel.
    • Cost Control Dept. Menangani hal-hal yang berkaitan dengan pengendalian biaya dan saran-saran untuk itu.
    • Engineering Dept. Menangani masalah yang berkaitan dengan kelancaran operasional bangunan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, baik yang mekanikal maupun elektrikal serta energinya.
    Disamping pembagian diatas, ada juga yang membagi hotel menjadi 3 bagian, yaitu :
    1. Revenue Producing Dept. Terdiri dari bagian hotel yang dioperasikan unutk mengahsilkan barang dan jasa untuk dijual kepada tamu. Dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
    a. Major Dept. (nilai penjualan tinggi)
    b. Minor Dept. (nilai penjualan lebih kecil)

    2. Non-Revenue Producing Dept. Bagian yang diusahakan untuk menghasilkan barang/jasa untuk keperluan hotel maupun tamu, tetapi tidak untuk tujuan mendapatkan uang atau Revenue.

    3. Concession atau Store Rental
    Bagian yang tidak dioperasikan dan menghasilkan barang/jasa untuk dijual kepada tamu hotel, tetapi dikelola oleh penyewa dengan suatu bentuk perjanjian dengan pihak hotel.

    Sumber / DAFTAR PUSTAKA:
    1. https://www.facebook.com/notes/smk-sahid-solo/pengertian-hotel/165797038220 (June 2012)
    2. http://search.yahoo.com/r/_ylt=A0oGdWwfqM5PsR4ASoFXNyoA;_ylu=X3oDMTE1MHZybmZ1BHNlYwNzcgRwb3MDMgRjb2xvA3NrMQR2dGlkA1JDRjAzNF8xNzY-/SIG=12d875di6/EXP=1338972319/**http%3a//arsindociptakarya.com/desain-interior-kamar-hotel/ (June 2012)